Cerita Sinopsis Dan Review Film Independence Day 2 : Resurgence, Kehancuran Total


Cerita Sinopsis Dan Review Film Independence Day 2 : Resurgence - Tahun 2016 merupakan tahun yang special untuk perfilman blockbuster yang menghadirkan effect film yang berkualitas dan realistis, karena di tahun ini juga banyak studio yang merilis film - film action mereka yang penuh dengan sentuhan effect CGI ( Computer Generated Imagery ) seperti Batman vs Superman dengan kehancuran kota metropolis, Civil War memporak - porandakan Bandara, dan terutama dengan Independence Day kedua : Resurgence. 

Setelah 20 tahun lamanya menunggu squel dari Independence Day, akhirnya squel film invasi alien tersebut telah dirilis dan siap menyuguhkan sekali lagi kehancuran total permukaan bumi oleh ras alien yang pernah memporak porandakan bumi. 

Baiklah, sebelum melihat ulasan penulis berupa Cerita dari awal sampai akhir Film Independence Day : Resurgence, Review, dan Sinopsisnya. Ada baiknya bagi pembaca menonton terlebih dahulu trailernya di bawah ini :


Sinopsis

20 tahun setelah kejadian Independence Day. Dunia aman dan damai tanpa adanya konflik antar negara, seluruh negara bersatu membangun peradaban dengan menggunakan teknologi alien dan mempersiapkan serangan alien selanjutnya dengan membentuk ESD ( Earth Space Defense ). Tepat 2 dekade setelah invasi alien, sebuah pesawat luar angkasa dengan lebar 3000 mil muncul di dekat bulan dan memporak porandakan peradaban umat manusia sekali lagi. Kali ini ancaman yang mereka hadapi lebih besar daripada sebelumnya.


Review

Independence Day : Resurgence merupakan salah satu film blockbuster dengan adegan total destruction. Namun kenyataanya tak sesuai ekspetasi.  Di pekan pertamanya, pendapatan film ini dengan nilai 41,6 juta dolar, kalah dengan pendahulunya Independence Day dengan pekan pertama 50,2 juta dolar. Bahkan tidak bisa mengalahkan Finding Dory yang telah tayang selama dua pekan. Selain pendapatan mengecewakan, squel invasi alien ini juga mendapat rating buruk dari rottentomatoes.com dengan rating 32% saja. Film ini memang mendapat review negatif dari para kritikus, maka darii itu penulis juga akan mengutarakan review penulis tentang film Independence Day kedua ini.


20 tahun sudah umat manusia mempersiapkan diri untuk menghadapi ancaman selanjutnya. Ya memang 20 tahun itu adalah waktu yang lama sekali untuk mempersiapkan ancaman yang benar - benar besar. Namun ketika penulis melihat bahwa dalam film tersebut ketika sebuah kapal luar angkasa raksasa berukuran 3000 mil tiba - tiba muncul dihadapan ESD, badan pertahanan terbesar umat manusia tersebut ternyata tidak kuasa menghentikan serangan dari Alien, bahkan pertahanan yang dibuat oleh ESD dapat dengan mudah di tembus oleh alien. Dalam kenyataannya perkembangan teknologi umat manusia yang saat ini di dunia nyata mengalami kemajuan yang pesat, diantaranya terdapat misi peluncuran manusia pertama ke planet Mars. Namun dalam film Independence Day, penulis rasa perkembangan teknologi yang mereka capai tidak terlalu menakjubkan walaupun mereka telah mengembangkan teknologi hibrida alien. Dapat dilihat juga tampilan kota dan desain lingkungan yang tidak terlalu terpengaruh oleh teknologi alien. Hanya beberapa saja yang tersentuh oleh teknologi alien seperti lembaga ESD, pemerintahan, militer, dan beberapa elite dunia. jadi dalam cerita Independence Day : Resurgence tampilan futuristic yang disajikan terasa kurang, karena pemanfaatan teknologi alien tersebut belum merata dalam film tersebut. Mungkin jika hal itu terjadi dalam film, Independence Day akan lebih terasa tahun 2016 bagaikan masa depan, dan hal itu akan memberikan kepada penonton sesuatu yang menjanjikan dan hal - hal yang tidak bisa kita lihat di kehidupan sehari - hari. So the effect was so massive, but not really cool



Dari perkembangan teknologi pun dirasa kurang WOW, persiapan perang yang manusia persiapkan pun terlihat tidak memaksimalkan teknologi alien yang sudah mereka jarah. ESD hanya menggunakan teknologi alien yang sudah ada, tetapi tidak mengembangkannya.They had 20 years to prepare and this is the best they could do ? 

Film ini juga mengajak kita untuk bernostalgia di awal - awal dengan berkumandangnya pidato presiden Thomas Whitmore. kemudian ditampilkan bagaimana generasi penerus mempersiapkan diri mereka, lalu tiba - tiba alien muncul tanpa terdeteksi ESD yang mengakibatkan peradaban umat manusia hancur sekali lagi, dan manusia berusaha menyerang mereka tetapi gagal, namun terdapat harapan dengan adanya pahlawan yang masih hidup, dan akhirnya umat manusia menang sekali lagi terhadap alien. Film bisa penulis katakan predictable ( dapat ditebak ) karena film yang baik tidak akan mudah ditebak kejadian yang akan terjadi selanjutnya. Hal tersebut merupakan salah satu yang menyebabkan film ini mendapat review buruk. Independence Day 2 memang memiliki konsep cerita yang hampir sama dengan terdahulunya. Film ini dapat dibilang tidak dapat menghadirkan pengalaman menonton yang baru, menonton film ini serasa seperti nostalgia dengan sedikit bumbu tambahan. 

Banyak film yang sudah memfilmkan kisah alien, namun kali ini penulis menemukan kesamaan ide cerita film Independence Day dengan ide film alien yang lain, yaitu Ender's Game. kedua film ini sama - sama memiliki alien yang dapat dengan mudah dikalahkan jika mengahalahkan ratunya. Namun kedua film ini tetapi memiliki perbedaan plot yang jelas. 

Tanpa panjang lebar kekurangan dari film ini, yaitu kurangnya tension ( ketegangan ), predictable ( mudah ditebak ), dan cerita yang kurang greget dan monoton.

Jangan kecewa dengan kekurangan film ini, karena kelebihan dari film ini, yaitu penghancuran total yang massive, cerita yang cukup menghibur, dan effect CGI yang sangat memukau. 


Previous
Next Post »
Thanks for your comment